Monday, January 30, 2012

# DOA MENUNGGU-NUNGGU #

Tidakkah Allah akan membenarkan orang-orang pilihanNya yang siang malam berseru kepadaNya? Dan adakah Ia mengulur-ulur waktu sebelum menolong mereka? (Lukas 18:7).
 
Saya memiliki seorang anak. Sewaktu kecil, jika dia menginginkan sesuatu, maka dia akan berusaha dengan terus meminta sampai mendapatkannya. Entah sudahbanyak mainan yang saya belikan. Pada suatu hari dia meminta mainan, dan saya sudah bertekad tidak akan memberikannya. Dalam sehari entah berapa kali dia meminta tanpa mengenal lelah, dan saya terus berkata tidak. Suatu hari ketika bangun dan membuka mata, kalimat pertama yang dia ucapkan adalah “Mi, bolehkan?” Kalimat itu benar-benar menggugah hati saya. Saya melihat betapa dia merindukan mainan tersebut, sampai hal itu terbawa mimpi, sehingga ketika bangun hanya kalimat itu yang ingin dia ucapkan. Hati orang tua mana yang tidak akan tergugah melihat kesungguhan anaknya dalam meminta dan kerinduannya untuk mendapatkan apa yang dia inginkan? Hati manusia saja bisa merasakannya, apalagi Tuhan. “Jadi jika kamu yang jahat tahu memberi pemberian yang baik kepada anak-anakmu, apalagi Bapamu yang di Sorga!.....” (Matius 7:11)

Istilah “berseru siang malam” yang digunakan oleh Yesus, tidak hanya mengacu pada penggunaan waktunya. Tetapi sedang mengajarkan kita tentang sebuah ketekunan dalam berdoa. Berdoa siang-malam adalah berdoa terus-menerus sampai Tuhan menjawab. Kita memenuhi setiap sudut Sorga kediaman Tuhan dengan gema doa-doa kita. Dalam Matius, Yesus menamainya doa meminta, mencari, dan mengetuk. Dan tidak akan berhenti sebelum diberi, mendapatkan, dan pintu dibukakan. Daud dan Nabi Mikha menamainya dengan doa menunggu-nunggu.”Perhatikan teriakku minta tolong…..dan aku menunggu-nunggu.” (Mazmur 5:3-4). “Tetapi aku ini akan menunggu-nunggu TUHAN….” (Mikha 7:7). Namun demikian, belajar menunggu-nunngu Tuhan adalah pelajaran yang tidak mudah dalam perjalanan hidup kekristenan kita. Kita sering terdampar dan terkapar dal;am keputusasaan, tekanan dan kegelisahan di dalam jiwa kita, sehingga jiwa kita pun akan menjerit bersama Daud di hadapan Tuhan, “Berapa lama lagi, TUHAN, Kau lupakan aku terus neberus?.....Aku berseru, tetapi Engkau tetap jauh dan tidak menolong aku.” (Mazmur 13:2-3; 22:2).

Bukankah kata-kata ini sering menghiasi doa kita? Tapi percayalah, ada berkat yang menanti, ketika kita belajar untuk menaikkan “doa menunggu-nunggu”. Kita akan melihat keperkasaan Tuhan melepaskan kita dari kesesakan, menikmati mujizat kuasaNya, bertambah kuat dalam iman, karena Tuhan tidak pernah mengecewakan. Kita akan melihat bahwa Dialah Tuhan yang layak kita percayai ketika kabut kelam menutupi jalan kita, asalkan kita terus mempercayaiNya. Kemampuan manusia memang terkungkung dalam batasan waktu, namun Tuhan tidak terbatas pada ruang dan waktu. Saat kita sudah berdoa disertai kesabaran, maka bagian Tuhan yang akan menjawab pada waktuNya. Lelah sudah pasti, namun jangan kita terhenti karena berkat yang menanti akan jauh melampaui kelelahan kita!

No comments:

Post a Comment