Monday, March 26, 2012

#MASA BODOH#

Matius 13:24-30
Nats: "Maka Yesuspun meninggalkan orang banyak itu, lalu pulang. Murid-murid-Nya datang dan berkata kepada-Nya: "jelaskanlah kepada kami perumpamaan tentang lalang di ladang itu.

Saya pernah kirim pesan lewat SMS kepada seseorang empat kali. SMS tersebut berisi topik yg sama dgn kalimat yg berbeda. Pasalnya tidak cukup utk menjelaskannya dgn satu kali SMS saja.

SMS kedua belum mengerti juga, hingga yg keempat kalinya baru pesannya dimengerti. Saya jadi bertanya-tanya pada diri sendiri, apakah saya kurang jelas utk mengkomunikasikan atau memang orangnya yg telmi (telat mikir)?


Tetapi yg menarik hati saya adalah penerima pesan saya tdk menyerah sampai ia benar-benar mengerti pesan yang saya sampaikan.

Kadang pengajaran Yesus sulit dipahami dan dimengerti. Seringkali Yesus mengajar dgn sebuah kiasan ataupun perumpamaan. Sehingga tdk sedikit orang yg mendengarnya jadi bingung.

Seperti perumpamaan Yesus tentang lalang dan gandum ini, para murid mesti bertanya apa maksudnya. Saya percaya ketidaktahuan para murid mewakili sebagian besar orang banyak yg pada waktu itu juga mendengar.

Setelah selesai berkhotbah, Yesus pulang. Tetapi bagi murid tidak berhenti smp Yesus pulang, mereka masih bertanya maksud dari perumpamaan yang Yesus ajarkan. Kita boleh berkata jika mungkin para murid telmi, tetapi kita patut menghargai keingintahuan mereka akan kebenaran firman Tuhan.

Mereka tdk puas sebelum mendapat sesuatu dari yang Tuhan ajarkan. Bagaimana dengan kita? Seringkali kita menyerah dan bersikap masa bodoh ketika kita tidak mengerti firman Tuhan.

Seharusnya kita seperti para murid yg mempunyai keinginan besar untuk mengetahui kehendak Tuhan. Kiranya Roh-Nya senantiasa menolong Anda untuk mengerti kehendak-Nya.

BERBAHAGIALAH ORANG YANG HAUS AKAN KEBENARAN, KARENA MEREKA AKAN DIPUASKAN

No comments:

Post a Comment